• Minggu, 2 Oktober 2022

Kemudahan Perpanjangan Izin Penggunaan Tanah Makam, Cek Caranya Yuk!

- Senin, 19 September 2022 | 10:41 WIB
Perpanjangan Izin Penggunaan Tanah Makam (Ist)
Perpanjangan Izin Penggunaan Tanah Makam (Ist)

 


LENSABANTEN.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat beriringan dengan kemajuan teknologi saat ini.

Berbagai kemudahan pelayanan dihadirkan, salah satunya pada proses perpanjangan izin penggunaan tanah makam. Kemudahan ini bisa diperoleh masyarakat Kota Tangerang
dengan melakukan permohonan secara daring (online).

Kepala Dinas Perkim Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagdja menjelaskan, warga yang ingin melakukan perpanjangan izin penggunaan tanah makam bisa melalui website www.perizinanonline.tangerangkota.go.id. Proses ini berlaku unuk pada tiga tempat pemakaman umum (TPU) yang ada di Kota Tangerang, TPU Selapajang, Betet, Kedaung dan Mekarsari.

Baca Juga: Wali Kota Pastikan Tidak Ada Warga yang Termajinalkan, Bayu: Peran Dukcapil Sangat Strategis

"Kami ingin terus mendorong masyarakat agar dapat memanfaatkan kemudahan pelayanan yang kami hadirkan ini, jika ada kendala bisa menghubungi call center 021-29662529 dan 021-29662530,"ujar Sugiharto.

Ia pun memastikan bahwa prsoses perpanjangan izin penggunaan tanah makam yang dilakukan dengan online ini menelan waktu singkat. Terlebih, jika warga yang mengajukan permohonan juga tidak perlu hadir ke kantor sehingga lebih efisien.

Kepala Dinas Perkim Kota Tangerang Sugiharto Achmad Bagja


"Kemudahan ini tentu warga yang mengajukan bisa melakukannya darimana saja, kemudian proses ini juga singkat hanya dua minggu bahkan bisa lebih cepat jika tidak ramai,"imbuhnya.

Baca Juga: Wali Kota Serahkan Langsung 1.046 Sertipikat Tanah Terbit ke Warga

Sementara itu Fany Rostiany Kepala Tata Usaha UPT Pemakaman menambahkan, dalam proses perpanjangan izin tanah makam secara online, warga lebih dulu dapat menyiapkan data seperti SK IPTM terakhir, KTP ahli waris, Kartu Keluarga ahli waris.

"Jika tidak memiliki SK IPTM bisa membuat surat keterangan ke TPU,"kata Fany.

Fany menjelaskan, file atau data tersebut nanti akan di unggah pada website saat melakukan perpanjangan izin. Setelah delapan hari kerja, dapat kembali melakukan pengecekan status pada akun Anda.

Baca Juga: Wali Kota : Jadikan Masjid Sebagai Pusat Kesejahteraan Masyarakat Sekitar


"Nanti pada email akan muncul notifikasi, terdapat lampiran file SKRD (Surat Ketetapan Retribusi Daerah) berformat PDF dalam menu CEK STATUS, setelah itu pembayaran dapat dilakukan melalui e-wallet, m-banking atau dapat langsung mendatangi bank BJB terdekat dengan menggunakan nomor virtual account yang ada didalam SKRD tersebut. Kemudian SK IPTM terbaru  akan dikirimkan dalam format PDF ke alamat email dan bisa Anda cetak,"terangnya.

Sebagai informasi, untuk biaya retribusi perpanjangan izin penggunan tanah makam di awal senilai Rp 100 ribu untuk 3 tahun pertama, kemudian Rp 25 ribu di tahun kedua untuk masa tiga tahun, Rp 50 ribu tahun ketiga untuk masa tiga tahun lalu Rp 75 ribu untuk tahun keempat selama 3 tahun.***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Link Twibbon HUT Provinsi Banten ke 22

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 19:47 WIB

RSUD Kota Tangerang Kembali Buka Pelayanan Geriatri

Rabu, 21 September 2022 | 19:56 WIB

DPRD Sahkan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022

Selasa, 20 September 2022 | 19:42 WIB

Bung Uis Siap Daftar Bacaleg Lewat PDI Perjuangan

Senin, 19 September 2022 | 21:23 WIB
X