• Kamis, 8 Desember 2022

Bawaslu Kota Tangerang Tindaklanjuti Laporan Pencatutan NIK di Parpol

- Selasa, 6 September 2022 | 18:25 WIB
Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim (Ist)
Ketua Bawaslu Kota Tangerang Agus Muslim (Ist)



LENSABANTEN.COM - Empat orang warga membuat laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang terkait dugaan pencatutan nomor induk kependudukan (NIK) yang terdaftar di salah satu partai politik pada sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.

Laporan yang diajukan ke Bawaslu Kota Tangerang berupa tiga laporan yang kemudian akan ditindaklanjuti ke partai yang bersangkutan.

Terkait hal ini, Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim membenarkan bahwa pihaknya telah menerima tiga laporan pencatutan NIK dalam Sipol KPU. Dari tiga laporan tersebut dari empat orang pengadu datang ke Bawaslu.

Baca Juga: Dicatut Jadi Anggota Parpol, 9 Orang Warga Tangsel Lapor ke Bawaslu


"Ketiga laporan yang masuk itu semuanya masyarakat biasa," ujar Agus, Selasa 6 September 2022.

Usai menerima laporan tersebut, kata Agus, pihaknya langsung melakukan klarifikasi. Setelah itu, aduan tersebut disampaikan kepada KPU untuk dilakukan verifikasi data tersebut.

"Agar nanti disampaikan kepada partai politik yang bersangkutan," katanya.

Baca Juga: Ancaman Polarisasi Politik di 2024 Begini Mitigasi yang Dilakukan KPU dan Bawaslu Kota Tangerang

Diketahui, masyarakat agar melakukan pengecekan NIK pribadi di sistem khusus keanggotaan parpol seperti di https://infopemilu.kpu.go.id/Pemilu/Cari_nik.

Sebelumnya, di Kabupaten Tangerang KPU telah menerima tiga laporan masyarakat atas dicatutnya nomor induk kependudukan (NIK) sebagai kader oleh partai politik (parpol) dalam sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Kota Tangerang 2023 Diusulkan naik 7,48 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:00 WIB
X