• Rabu, 30 November 2022

Wali Kota Pastikan Tidak Ada Warga yang Termajinalkan, Bayu: Peran Dukcapil Sangat Strategis

- Rabu, 31 Agustus 2022 | 09:41 WIB
Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan menggelar kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Penduduk Non-permanen kepada petugas Pelayanan Umum Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tangerang (Ist)
Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan menggelar kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Penduduk Non-permanen kepada petugas Pelayanan Umum Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tangerang (Ist)

 

 

LENSABANTEN.COM - Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan menggelar kegiatan Sosialisasi Pendaftaran Penduduk Non-permanen kepada petugas Pelayanan Umum Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Tangerang serta pengelola rumah kontrakan/apartemen dan perwakilan perusahaan di Kota Tangerang yang dilaksanakan di Ruang Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa, 30 Agustus 2022.

 
Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah  menginstruksikan kepada jajarannya untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh orang yang tinggal di Kota Tangerang.
 
"Hal ini adalah tugas dan tanggung jawab kita sebagai pemerintah untuk bisa mengurus dan melayani seluruh warga kita tanpa membeda - bedakan, tidak boleh ada masyarakat yang termarjinalkan," ujar Wali Kota dalam acara yang menghadirkan narasumber dari Kejaksaan Negeri Tangerang dan Kementerian Dalam Negeri.
 
 
"Kepada masyarakat yang KTPnya di luar kota, tapi tinggalnya di Kota Tangerang mereka harus dan wajib melaporkan dan mendaftarkan diri ke pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil," imbuhnya.
 
Arief mengungkapkan, administrasi kependudukan merupakan hak sipil setiap warga negara, menjadi kewajiban bagi Pemerintah Kota Tangerang untuk memberikan perlindungan hukum diantaranya memberikan fasilitas dalam bidang kesehatan, pendidikan maupun bidang sosial kemasyarakatan.
 
"Dalam kesempatan ini tolong disosialisasikan kepada masyarakat, kepada RT, RW, pemilik kontrakan, apartemen, bikin informasinya terkait Permendagrinya, ajak mereka untuk mendaftarkan diri agar kita bisa memberikan fasilitas yang terbaik untuk warga kita," jabar Arief.
 
 
Sebagai informasi kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Permendagri Nomor 74 Tahun 2022 tentang Pendaftaran Penduduk Non-permanen di wilayah Kota Tangerang guna mewujudkan tertib administrasi kependudukan dan mendukung program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Adminduk).
 
Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tangerang. Ayi Nuryadin menjelaskan, pendaftaran kependudukan non-permanen bagi warga Kota Tangerang yang memiliki KTP, KK di luar Kota Tangerang bisa mendaftarkan ke Disdukcapil Kota Tangerang.
 
"Bisa langsung datang ke Kantor Disdukcapil atau bisa mendaftarkan langsung melalui online dengan menggunakan website sobatdukcapil.tangerangkota.go.id," tukas Plt. Kepala Disdukcapil Kota Tangerang.
 
Sementara itu, Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, R. Bayu Probo S menyampaikan, dalam pelayanan publik khususnya dalam hal pelayanan kependudukan sangat berpotensi adanya gratifikasi yang beririsan dengan kepentingan-kepentingan.
 
"Saat kita penegak hukum merubah paradigma dalam masyarakat, potensi-potensi terjadinya kepentingan tetap ada, maka kita harus tetap menjaga integritas dalam menjalankan tugas sesuai dengan SOP," tegas Bayu.
 
Bayu menerangkan, aktivitas masyarakat atau orang sebagai subyek hukum memiliki konsekuensi hukum sejak sebelum lahir sampai dengan setelah meninggal, sehingga peran Dukcapil sangat strategis dalam hal kedudukan orang dalam masyarakat.
 
"Perlu adanya proses kelengkapan administrasi kependudukan yang harus ditertibkan, terdata dan terlapor dalam bank data kependudukan," paparnya. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

  Kota Tangerang Juara Umum Porprov VI Banten

Selasa, 29 November 2022 | 20:54 WIB

Tim Benteng Heritage SDN Sukasari 5 Bersemangat

Sabtu, 26 November 2022 | 16:06 WIB

Satu Dekade Perjuangan Melahirkan Muslimpreneur

Rabu, 23 November 2022 | 21:45 WIB

Baznas Kota Tangerang Gelar Bimtek Pengelolaan ZIS

Rabu, 23 November 2022 | 10:06 WIB
X