• Kamis, 8 Desember 2022

Siap-siap! Ini Tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai politik Pemilu 2024

- Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:03 WIB
Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra (PRMN)
Ketua KPU Kota Tangerang Ahmad Syailendra (PRMN)

 

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tentang Tahapan dan Penyelenggaraan Pemilu 2024 telah terbit dan menjelaskan bahwasanya 29 Juli 2022 – 14 Desember merupakan tahapan pendaftaran, verifikasi dan penepatan partai politik. Sekarang telah masuk pendaftaran partai politik yang sangat menentukan bagi calon peserta pemilu  untuk ikut serta dalam mengikuti tahapan selanjutnya.

Hal itu berdasarkan PKPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Peserta Pemilihan Umum Anggota DPR dan DPRD, selanjutnya pada lampiran 1 PKPU 4 Tahapan Pengumuman dilaksanakan pada Tanggal 29 – 31 Juli 2022. Pada 1 – 14 Agustus 2022 dilaksanakan Pembukaan Pendaftaran Partai Politik di Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia yang dilaksanakan partai politik tingkat pusat.

Baca Juga: Partai Gelora Siap 'Unjuk Gigi' ke Masyarakat Kota Tangerang

Pada 29 Juli 2022 KPU RI sudah mengeluarkan surat pengumuman nomor7/PL.01.1-Pu/05/2022 tentang pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2024 dengan ketentuan sebagai berikut ; 1. Surat Pendaftaran Partai Politik, 2. Surat Pernyataan dari pimpinan partai politik tingkat pusat menggunakan Formulir Model F-Surat.Pernyataan-Parpol yang ditanda tangani pimpinan partai tingkat pusat dibubuhi cap dan materai yang cukup yang menyatakan bahwa : a. data dan dokumen persyaratan partai politik telah diunggah melalui SIPOL atau sistem informasi partai politik, benar dan lengkap sesuai peraturan dan perundang-undangan, b. memiliki berita Negara Republik Indonesia yang menyatakan partai politik berbadan hukum, c. memiliki salinan AD/ART yang disahkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan hukum dan Ham, d. memiliki kepengurusan di seluruh Provinsi, 75 % (Tujuh Puluh lima persen) dari jumlah kabupaten Kota dalam wilayah kepengurusan tingkat Provinsi, dan 50 % (lima puluh persen) dari jumlah kecamatan dalam wilayah kepengurusan tingkat kabupaten / kota, e.  menyertakan keterwakilan perempuan 30% kepengurusan tingkat pusat dan memperhatikan keterwakilan perempuan 30% pada kepengurusan  tingkat Provinsi dan kabupaten / kota, f. memiliki anggota sekurang-kurangnya 1000 orang atau 1/1000 (satu per seribu) orang dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai tingkat kabupaten/ kota Dengan kepemilikan KTA dan KTP el atau KK anggota Partai Politik, g. mempunyai kantor tetap yang digunakan sebagai kesekretariatan partai politik tingkat pusat, provinsi kabupaten/kota sampai tahapan berakhir, dengan formulir model F kantor-tetap parpol. h. memiliki surat keterangan tentang pendaftaran partai politik sebagai badan hukum yang memuat nama, lambang dan tanda gambar partai politik dari menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia disertai Dengan lambang dan tanda warna partai politik, I, menyerahkan bukti kepemilikan Nomor rekening atas nama Partai Politik pada tingkat pusat, provinsi dan Kabupaten / Kota pada KPU.   3. Rekapitulasi Jumlah pengurus dan anggota partai politik calon peserta pemilu menggunakan Formulir F-Rekap.Pendaftaran Parpol.

Masa Pendaftaran 1 – 14 Agustus 2022

Adapun waktu dan pelaksanaan pendaftaran akan dilaksanakan pada l 1-13 Agustus (pada hari senin – Sabtu) pada pukul 08.00 – WIB s.d 16.00 WIB. Sedangkan pada hari terakhir minggu tanggal 14 Agustus dimulai pukul 08.00 WIB s.d 23.59 WIB, bertempat di Kantor KPU RI, Jl. Imam Bonjol No. 29, Jakarta Pusat.

Pada masa pendaftaran, partai politik dapat mengajukan pendaftaran setelah mengirimkan data dan dokumen persyaratan yang diunggah melalui SIPOL  dan kegiatan penyampai berkas hanya dilakukan saat pendaftaran di tingkat pusat. Berbeda Dengan tahapan pemilu 2019, seluruh jajaran kepengurusan di tingkatannya menyampaikan berkas dan dokumen ke KPU di daerah. Ketika partai politik menyampaikan berkas yang sudah melalui prosedur dan ketentuan yang berlaku, maka kondisinya adalah diterima (lengkap persyaratan dokumen yang di ajukan) dan tidak diterima ( tidak lengkap ) dan dapat diperbaiki sampai waktu pendaftaran berakhir.

Baca Juga: Pertemuan DPD Gelora Indonesia Kota Tangerang dengan Wali Kota Tangerang,

Halaman:

Editor: Firdaus Rahmadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Kota Tangerang 2023 Diusulkan naik 7,48 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:00 WIB
X