• Kamis, 8 Desember 2022

Imigrasi Soekarno Hatta Bekuk WNA dengan Paspor Palsu

- Selasa, 12 Juli 2022 | 10:33 WIB
Petugas imigrasi bandara Soekarno Hatta saat merilis tersangka paspor palsu
Petugas imigrasi bandara Soekarno Hatta saat merilis tersangka paspor palsu

 

LENSABANTEN.COM - Satu orang warga negara asing (WNA ) berinisial EW diduga berasal dari etnis Tionghoa dibekuk petugas kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta. EW masuk ke Indonesia melalui terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada 4 Juni 2022 pada pukul 18.00 WIB dengan gunakan paspor palsu.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Muhammad Tito Andrianto mengatakan, EW saat ini sudah berstatus tersangka setelah terkumpul dua alat bukti yang sah dalam pidana keimigrasian.

EW diketahui masuk ke Indonesia dengan menggunakan paspor sebagai warga negara Meksiko.

Baca Juga: Imigrasi Bandara Soetta Cegat Puluhan Calhaj Tanpa Visa Resmi

"Hasil pengamatan ciri fisik tidak menunjukan layak orang Meksiko atau dari Amerika Latin, ia justru memiliki ciri-ciri fisik seperti Etnis Tionghoa,"ujar Tito Selasa 12 Juli 2022.

Ia melanjutkan kecurigaan petugas semakin kuat saat tersangka tidak dapat berbahasa Spanyol maupun bahasa Inggris. Namun, tersangka justru fasih berbahasa Mandarin.

Tidak hanya itu, petugas juga menemukan kejanggalan pada paspor yang digunakan karena ditemukan pada bagian sampul, halaman bisa, dan benang jahitan pada paspor yang dipergunakan terdapat tabda-tanda adanya perubahan dan terkesan tidak rapih.

Baca Juga: Imigrasi Bandara Soetta Deportasi WNA Jepang, Tersangkut Dugaan Kasus Penipuan Bansos

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Kota Tangerang 2023 Diusulkan naik 7,48 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:00 WIB
X