• Kamis, 8 Desember 2022

24 Juni Distribusi Hewan Ternak ke Kota Tangerang Distop

- Jumat, 17 Juni 2022 | 17:52 WIB
Jelang Idul Adha 1443 H, Pemkot Surabaya Intens Monitoring Hewan Ternak di Batas Kota (Hadi Santoso)
Jelang Idul Adha 1443 H, Pemkot Surabaya Intens Monitoring Hewan Ternak di Batas Kota (Hadi Santoso)

 

 

LENSABANTEN.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) terus memperketat laju penyebaran penyakit hewan dan kuku (PMK) yang telah merambah di 17 peternak. Hal ini dilakukan guna antisipasi penyebarannya terutama jelang Idul Adha 1443 H.

Kepala DKP, Kota Tangerang Abduh Surahman menjelaskan saat ini secara masif DKP menurunkan belasan dokter hewan, untuk memeriksa seluruh kesehatan hewan kurban, di seluruh peternakan hingga lapak penjualan hewan kurban di Kota Tangerang.

"Tak hanya kesehatan fisiknya yang bebas PMK. Tim DKP juga memeriksa surat keterangan sehat dari daerah asal hewan kurban tersebut. Jika semua dicek aman dan sesuai standar, DKP akan memberikan stiker yang menyatakan lapak sehat dan aman PMK."

Baca Juga: Waspada, Sudah 17 Peternak di Kota Tangerang Terimbas PMK

 Sementara itu, Kepala Bidang Pertanian DKP Kota Tangerang Ibnu Ariefyanto mengungkapkan jajarannya melalui Satuan Tugas (Satgas) PMK akan mulai menutup pendistribusian hewan ternak pada H-14 jelang Idul Adha, persisnya pada 24 Juni 2022.

“Hal itu dilakukan guna memberi kesempatan penyembuhan jika ada hewan terpapar yang masuk ke Kota Tangerang, karena waktu penyembuhan membutuhkan waktu 14 hari,”ungkapnya saat ditemui di kantornya, Jumat 17 Juni 2022.

Ia melanjutkan, selain itu hewan ternak khsusunya sapi asal Jawa Timur juga akan dilarang masuk ke Kota Tangerang karena potensi menularkan PMK dinilai cukup tinggi.

Halaman:

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Kota Tangerang 2023 Diusulkan naik 7,48 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:00 WIB
X