• Sabtu, 10 Desember 2022

Warga Tangsel Rasakan Gempa yang Berpusat di Lebak

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 15:27 WIB
Titik lokasi gempa di Pandeglang (BMKG)
Titik lokasi gempa di Pandeglang (BMKG)

 

 



LENSABANTEN.COM - Warga di Kecamatan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan merasakan gempa yang terjadi sekitar pukul 12.31 WIB. Titik pusat gempa yang terjadi itu berada di daerah Lebak dengan kekuatan magnitudo 5,1  Sabtu 12 Maret 2022.

Gempa yang terjadi kali ini berdasarkan catatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terjadi hingga 6 kali susulan.

Lokasi titik gempa berada di laut pada jarak 28 kilometer arah selatan Cihara, Lebak Banten dengan kedalaman dangkal sekitar 10 kilometer.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 4,9 di Pandeglang, Tidak Berpotensi Tsunami


"Dengan memperhatikan lokasi episenter (gempa Lebak Banten) dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal,"kata Bambang Setiyo Prayitno MSi Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG.

Lebih lanjut, Bambang menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip.

Kendati lokasi pusat gempa bumi ini berada di laut, hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

 

Baca Juga: Gempa di Pasaman Barat Sumbar, BNPB : 7 Orang Meninggal, 85 Luka-luka

Kota Serang, Tangerang, Serpong, Jakarta getaran akibat guncangan gempa bumi ini juga dirasakan dengan skala intensitas II MMI, di mana getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Salah seorang warga Pakulonan, Siska mengaku merasakan gempa yang terjadi siang hari ini. Meski diakui cukup kecil namun membuat dirinya kaget lantaran seperti merasakan pusing.

"Kaya pusing, tapi pas baca berita ternyata gempa, kaget juga,"ujarnya. ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X