• Sabtu, 10 Desember 2022

Gempa Berkekuatan 4,9 di Pandeglang, Tidak Berpotensi Tsunami

- Jumat, 4 Maret 2022 | 21:06 WIB
Titik lokasi gempa di Pandeglang (BMKG)
Titik lokasi gempa di Pandeglang (BMKG)



LENSABANTEN.COM - Gempa berkekuatan magnitudo 4,9 terjadi di wilayah Pandeglang, Banten. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 20:14 WIB dengan kedalaman 13 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto menjelaskan, episenter terletak pada koordinat 7.06 LS dan 105.38 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 49 km BaratDaya Sumur, Banten pada kedalaman 13 kilometer.     

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Pensesaran dalam lempeng Eurasia,"katanya dalam siaran tertulis yang diterima redaksi Lensabanten.com, Jumat 4 Maret 2022 malam.

Baca Juga: Gempa di Pasaman Barat Sumbar, BNPB : 7 Orang Meninggal, 85 Luka-luka

Ia melanjutkan, berdasarkan keterangan warga gempa yang tidak berpotensi menimbulkan tsunami ini dirasakan warga di sejumlah wilayah, Sumur, Cibaliung,  Cimanggu, Panimbang, Cikuesik, Muarabinuangeun,  Jiput, Picung, dan Munjul III MMI, Malimping, Panggarangan, dan Sajira II-III MMI dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

 Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,"imbuhnya.

Hingga pukul 20:43 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,2 di Pasaman Barat Sumbar Terasa Hingga Malaysia

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,"pungkasnya.***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X