• Kamis, 8 Desember 2022

Hasil Sedekah Sampah, UPZ Masjid Daarul Ihsan Bantu 12 Ton Beras Untuk Dhuafa

- Selasa, 22 Februari 2022 | 09:24 WIB
 Hasil Sedekah Sampah, UPZ Masjid Daarul Ihsan Bantu 12 Ton Beras Untuk Dhuafa (Istimewa)
Hasil Sedekah Sampah, UPZ Masjid Daarul Ihsan Bantu 12 Ton Beras Untuk Dhuafa (Istimewa)



LENSABANTEN.COM - Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dan memeriahkan Peringatan HUT Kota Tangerang ke 29,  Dinas Lingkungan Hidup mengadakan Lomba Gerakan Pilah Sampah dari Rumah dan Berkah Sedekah Sampah.

Lomba ini dapat diikuti seluruh masyarakat Kota Tangerang yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat, seperti Bank Sampah, Karang Taruna, PKK, PKWT, Proklim, KSM, Kampung Tematik, Organisasi Keagamaan dan lain sebagainya. Untuk kategori yang dilombakan adalah tabungan sampah, sedekah sampah, pengomposan, budidaya maggot, kreasi daur ulang dan lain-lain.

Salah satu peserta lomba, yaitu UPZ Masjid Darul Ihsan Cipondoh yang telah melaksanakan program sedekah sampah dari tahun 2019. Makum Mustofa selaku ketua UPZ Masjid Darul Ihsan menyebutkan sampah yang sudah dikumpulkan dari sedekah sampah sudah mencapai 23 Ton dengan dana yang terkumpul sejumlah Rp. 51.600.000,-

Baca Juga: Akhirnya, Vaksin Merah Putih Ditargetkan Produksi Massal di Juli 2022

Makum menambahkan dana yang terkumpul disalurkan kepada 80 sampai 100 orang dhuafa secara rutin setiap bulan, selain itu telah diberikan juga bantuan modal usaha kepada 15 orang pelaku UMKM di sekitar masjid.

"Dari awal program sedekah sampah, Alhamdulillah tidak kurang dari 12 Ton Beras yang kami salurkan kepada para dhuafa dari hasil penjualan sedekah sampah" ungkap makum yang ditemui saat pengumpulan sedekah sampah, Selasa 22 Februari 2022.

Kegiatan Pengumpulan Sedekah Sampah di Masjid Darul Ihsan rutin dilaksanakan setiap Jum'at pagi sampai menjelang shalat Jum'at.

Baca Juga: Aturan Pengeras Suara di Masjid, Ini Pesan MUI

"Alhamdulillah Jamaah cukup antusias menyedekahkan sampahnya secara rutin" tambah makum.

Dihubungi secara terpisah, Tihar Sopian  selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang mengungkapkan Program Sedekah Sampah adalah salah satu program DLH Kota Tangerang yang bertujuan mengajak masyarakat memilah sampah dari rumah, Tihar berharap kegiatan ini dapat diikuti oleh kelompok masyarakat lainnya.

"Kami yakin banyak manfaat dan keberkahan dari kegiatan sedekah sampah ini, terlebih dilakukan di lingkungan masjid, seperti yang dilakukan oleh UPZ Masjid Darul Ihsan" ungkap Tihar saat dihubungi melalui sambungan seluler.  ***

Editor: Fajrin Raharjo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Kota Tangerang 2023 Diusulkan naik 7,48 Persen

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:00 WIB
X